Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Ilusi Mata

Ketika apa yang Anda rasakan berbeda dari apa yang Anda lihat dalam kenyataan, Anda mengalami ilusi mata. Setiap kali Anda melihat sesuatu, gambar itu akan ditangkap di retina. Ini kemudian ditransfer ke otak di mana ia akan diproses. Pandangan atau persepsi kita terkadang menentukan apa yang kita lihat. Akibatnya otak Anda akan melihat gambar secara berbeda dari apa yang sebenarnya. Jenis penipuan ini terutama dibagi menjadi dua kategori. Mereka fisiologis dan kognitif.

Fisiologis

Ketika ada efek setelah melihat gambar seperti cahaya terang, Anda mengalami ilusi mata fisiologis. Pada tahap operasi mata lasik utama pemrosesan visual, setiap stimulus memiliki jalur saraf khusus individu. Namun, dalam kasus rangsangan berulang, beberapa saluran dapat menyebabkan gangguan fisiologis yang dapat mengubah cara Anda melihat gambar. Mach Bands atau ilustrasi grid Hermann adalah dua jenis penipuan fisiologis yang terbukti membantu ketika menjelaskan jenis fenomena ini. Peningkatan ketajaman dan kontras dari stimulus visual dijelaskan dengan baik oleh Mach Bands dan grid Hermann. Hal ini disebabkan sebagai akibat dari penghambatan Lateral.

kognitif

Jenis ilusi mata lain yang diderita kebanyakan orang adalah jenis Kognitif. Jenis ini juga dikenal luas sebagai “permainan pikiran” karena merupakan hasil dari perbedaan persepsi individu orang tentang realitas. Otak Anda serta mata Anda membentuk interpretasi bawah sadar tentang realitas. Ini adalah hasil dari memiliki praduga tentang berbagai hal. Misalnya, keyakinan Anda tentang bagaimana segala sesuatu bekerja atau bagaimana kesehatan retina mata seharusnya mengarahkan Anda membuat asumsi yang tidak disadari. Anda selanjutnya dapat membagi fenomena ini menjadi empat kategori.

paradoks dan distorsi.

Fiksi – Dalam tipe ini Anda mengalami hal-hal yang tidak terlihat oleh orang lain. Orang yang menderita skizofrenia atau halusinasi mengalami masalah persepsi ini.

Ambigu – Inferensi bergantian dapat mengakibatkan penggantian persepsi antara hal-hal atau gambar tertentu. Necker Cube adalah contoh terkenal dari jenis ilusi ini.

Paradoks – Ketika Anda melihat objek yang tampak paradoks atau tidak mungkin dalam kenyataan, Anda mengalami bentuk halusinasi ini. Segitiga Penrose adalah contoh terkenal untuk halusinasi yang terbentuk karena kesalahpahaman persepsi bahwa semua tepi yang berdekatan harus diperintahkan.

Distorting – Ini menghasilkan gambar yang terdistorsi baik dalam kelengkungan, atau ukuran dan panjangnya. Dinding Müller-Lyer dan Café adalah contoh terkenal yang menyebabkan seseorang melihat gambar yang terdistorsi.

Anda tidak dapat selalu mempercayai apa yang Anda lihat. Ini sudah terbukti berkali-kali. Terkadang persepsi yang berubah mungkin merupakan akibat dari penyakit. Sebagian besar waktu namun; Persepsi yang berubah adalah hasil dari lingkungan, yang mempengaruhi apa yang kita lihat.

Seniman dan pembuat film selalu menggabungkan teknik ini sejak dahulu kala. Fotografer profesional juga menggunakan teknik ilusi saat mengembangkan foto.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *